Begini Cara Melacak Sinyal Televisi Digital Lewat Ponsel

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan melakukan Analog Switch Off atau ASO pada 17 Agustus 2021 mendatang. Sebagai langkah untuk migrasi ke siaran digital, rupanya ada cara untuk mengecek sinyal TV Digital di berbagai daerah. Melalui sebuah aplikasi yang dibuat oleh Kominfo, kita dapat mengetahui jangkauan siaran tv digital sesuai daerah masing masing. Aplikasi ini bernama Sinyal TV Digital yang dapat diunduh di perangkat iOS maupun Android. Pengguna dapat mengunduh aplikasi Sinyal TV Digital yang berukuran 32.8 MB.

Berikut langkah langkah yang harus dilakukan untuk mengetahui sinyal saluran TV Digital di lokasi Anda: Pertama, unduh aplikasi 'Sinyal TV Digital' di Google Play Store atau Apple Store. Setelah terpasang, buka aplikasi itu di smartphone Anda. Karena aplikasi ini membutuhkan perizinan lokasi, aplikasi ini akan meminta izin akses lokasi Anda, lalu pilih izinkan

Selanjutnya, tampilan akan berubah menjadi peta sesuai lokasi, di tempat Anda berada. Misal, bila Anda di Tangerang maka tampilan petanya akan memperlihatkan area tersebut dan sekitarnya. Di bagian kiri bawah terdapat kolom Legend. Jika dibuka, kolom tersebut akan memberikan informasi di mana lokasi sinyal tv digital dengan keterangan kuat hingga lemah Tampilan peta kerap kali sulit direfresh beberapa kali dicoba aplikasi menampilkan pemberitahuan yang tertulis 'Server has been down'. Butuh beberapa kali mencoba sampai akhirnya peta lokasi muncul.

Aplikasis yang dikembangkan PT Bangunindo Teknusa Jaya ini bisa mengetahui apakah di lokasi sudah memiliki layanan tv digital atau belum. Terdapat juga peta lokasi multipleksing saluran televisi digital, yang digambarkan mirip seperti satelit pemancar yang biasa digunakan oleh penyedia siaran tv analog. Selain itu terdapat informasi yang isinya menjelaskan frekuensi hingga ketinggian antena stasiun pemancar. Misal, informasi sinyal stasiun televisi TVRI yang berada pada frekuensi 40 dan memiliki ketinggian antena stasiun pemancar 626 MHz.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.